Video Editing

Menurut kalian apasih kebutuhan pada zaman sekarang yang banyak dibutuhkan namun tidak semua orang bisa membuat/melakukannya? Ya kebutuhan tersebut adalah sebuah video.

Banyak masyarakat pada zaman sekarang yang membutuhkan sebuah jasa pembuatan video. Dikarenakan membuat sebuah video membutuhkan alat serta teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Eits, membuat sebuah video juga memerlukan tahapan-tahapan yang banyak, berikut tahapan tahapan tersebut.
Tahapan-Tahapan Produksi Video

TAHAP PRAPRODUKSI
Praproduksi merupakan tahapan perencanaan. Secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (shooting film atau video).

Pada intinya tujuan praproduksi adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjalan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan. Untuk memulai pemrosesan video, dibutuhkan beberapa langkah, sebagai berikut:

Ide
Ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsafat.

Ide adalah pemikiran atau konsepsi yang berpotensi atau benar–benar ada dalam pikiran sebagai produk dari aktifitas mental.

Sasaran
Tentukan sasaran dari video yang kita buat. Apakah yang ingin menonton video kita adalah kalangan pelajar SMK atau SMA? Anak-anak? Ataukah masyarakat umum.

Tujuan
Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan kita membuat video.

Pokok Materi
Video yang kita buat memiliki pokok materi berupa pesan yang ingin disampaikan.

Sinopsis
Sinopsis adalah setiap peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang dapat disimpulkan ke dalam bentuk ringkas yang padat dan jelas.

Naskah
Naskah adalah suatu teks yang berisi aturan, alur cerita di dalam suatu dialog (Penulisan sebuah naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah disepakati)..

Storyboard
Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk menjadi panduan dalam proses perekaman.
Pencahayaan Sederhana.

hal yang penting perlu diperhatikan dalam pembuatan video adalah pencahayaan.

TAHAP PRODUKSI
Produksi dimulai dari merekam video dengan script dan konsep yang sudah dirancang dari awal. Kemudian proses rekaman baik Visual maupun audio dilakukan, dan seluruh elemen bekerjasama dalam proses produksi.

Pada proses produksi kita harus menyiapkan:
– Komputer (personal computer)/laptop
– Alat pengambil gambar (camera), handphone atau webcam
– Screen video
– Microphone

TAHAP PASCAPRODUKSI
Pada tahap pasca produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk diolah. Analoginya, ialah seorang koki yang membawa semua bahan masakan dan bumbu ke dapur, untuk diolah sesuai resep yang telah ada. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dalam tahapan editing video.

Fungsi Editing Video
Editing video merupakan proses menggerakan dan menata video shoot atau hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat. Secara umum pekerjaan editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti, colourcorrection, soundmixing, dan capture video.

Selain itu dengan menggunakan perusahaan jasa video hasil video yang ingin kita buat akan menjadi lebih bagus. Kalian bisa memanfaatkan jasa tersebut untuk membuat sebuah video seperti
• animasi
• iklan produk
• video companyprofile
• promosi

Dan masih banyak lagi lainnya sesuai dengan apa yang ingin anda buat. Pilihlah sebuah jasa yang sesuai dengan apa yang ingin anda buat.

Entah ingin membuat sebuah Animasi untuk tugas, atau ingin mempromosikan produk kita, dan lain lain. Pastikan perusahaan yang menyediakan jasa tersebut dapat dipastikan keprofesionalan, pengalaman serta hasil dari kerja perusahaan tersebut. Jangan sampai salah pilih.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video SafetyInduction, Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

Category: animasi, Blog, Business, Design