Video Dokumentasi

Video Shooting

Sebuah video dokumentasi bukanlah sekedar pelengkap melainkan sudah menjadi keharusan saat sedang terjadi sebuah kegiatan atau suatu acara penting bagi keluarga maupun yang lain.Pernikahan, event, acara perusahaan, hari-hari penting merupakan salah satu contoh dari sekian banyaknya kegiatan yang wajib didokumentasikan secara apik.Dengan adanya video dokumentasi ini ,kelak dimasa depan kita masih bisa melihat hari-hari yang penting bagi kita di masa lalu.

Proses pembuatan video dokumentasi ini pun cukup sulit, melibatkan hal-hal yang butuh pengalaman serta ilmu ,yakni shooting, editing, authoring. Disisi lain peralatan-peralatan yang digunakan pun butuh peralatan yang lengkap.
Berikut kira kira tahapan dalam proses shooting/tahap pembuatan video :

TAHAP PRAPRODUKSI
Praproduksi merupakan tahapan perencanaan. Secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (shooting film atau video). Pada intinya tujuan praproduksi adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjalan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan. Untuk memulai pemrosesan video, dibutuhkan beberapa langkah, sebagai berikut:

  • Ide
    Ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsafat. Ide adalah pemikiran atau konsepsi yang berpotensi atau benar–benar ada dalam pikiran sebagai produk dari aktifitas mental.
  • Sasaran
    Tentukan sasaran dari video yang kita buat. Apakah yang ingin menonton video kita adalah kalangan pelajar SMK atau SMA? Anak-anak? Ataukah masyarakat umum?
  • Tujuan
    Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan kita membuat video.
  • Pokok Materi
    Video yang kita buat memiliki pokok materi berupa pesan yang ingin disampaikan.
  • Sinopsis
    Sinopsis adalah setiap peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang dapat disimpulkan ke dalam bentuk ringkas yang padat dan jelas.
  • Naskah
    Naskah adalah suatu teks yang berisi aturan, alur cerita di dalam suatu dialog (Penulisan sebuah naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah disepakati).
  • Storyboard
    Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk menjadi panduan dalam proses perekaman.

TAHAP PRODUKSi
Produksi dimulai dari merekam video dengan script dan konsep yang sudah dirancang dari awal. Kemudian proses rekaman baik Visual maupun audio dilakukan, dan seluruh elemen bekerjasama dalam proses produksi. Pada proses produksi kita harus menyiapkan:
– Komputer (personal computer)/laptop
– Alat pengambil gambar (camera), handphone atau webcam
– Screen video
– Microphone

TAHAP PASCAPRODUKSI
Pada tahap pasca produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk diolah. Analoginya, ialah seorang koki yang membawa semua bahan masakan dan bumbu ke dapur, untuk diolah sesuai resep yang telah ada. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dalam tahapan editing video.

Fungsi Editing Video
Editing video merupakan proses menggerakan dan menata video shoot atau hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat. Secara umum pekerjaan editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti, colourcorrection, soundmixing, dan capture video.

Lalu bagaimana caranya kalau kita tidak memiliki semua yang tercantum diatas? Tenang saja, kalian masih bisa membuat sebuah video Dokumentasi dengan cara menggunakan Jasa Video Dokumentasi. Dengan jasa ini kalian tidak perlu khawatir akan hal-hal tersebut. Pilihan sebuah perusahaan atau yang menyediakan jasa tersebut dengan cerdas, pilihan yang, berkualitas, berpengalaman serta bersahabat dengan kantong.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video SafetyInduction, Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw