Zaman sekarang usaha menjual produk buatan sendiri sudah banyak dilakukan oleh masyarakat-masyarakat yang ingin berbisnis. Tidak hanya masyarakat, perusahaan-perusahaan pun juga semakin banyak yang mengeluarkan produk-produk baru buatan mereka.

Dengan marketing serta promosi yang tepat, dapat dipastikan produk anda dapat melesat tinggi di pasar. Lalu bagaimana kita mempromosikan produk kita dengan tepat? Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah video produk anda. Dengan sebuah video produk, produk anda lebih mudah untuk disebarkan serta lebih menarik untuk dilihat.Lalu bagaimana solusinya apabila kita tidak bisa membuat sebuah video produk yang bagus dan menarik?

Tentu saja gunakanJasa video produk banyak hal yang bisa didapatkan, mulai dari

  • hasil kerja yang berkualitas
  • video tampak lebih profesional
  • menghemat waktu dan tenaga kita
  • video sesuai harapan
  • promosi dapat dilakukan dengan baik

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Memilih jasa tersebut juga harus dengan pilihan yang matang. Memilih sebuah jasa yang abal-abal akan berdampak buruk pada citra perusahaan atau usaha kita apabila hasil dari jasa tersebut tidak memuaskan atau dapat memberi citra buruk bagi kita.

Eits, membuat sebuah video juga memerlukan tahapan-tahapan yang banyak, berikut tahapan tahapan tersebut.

Tahapan-Tahapan Produksi Video

  1. TAHAP PRAPRODUKSI

Praproduksi merupakan tahapan perencanaan. Secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (shooting film atau video). Pada intinya tujuan praproduksi adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjalan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan. Untuk memulai pemrosesan video, dibutuhkan beberapa langkah, sebagai berikut:

  1. Ide

Ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Gagasan menyebabkan timbulnya konsep, yang merupakan dasar bagi segala macam pengetahuan, baik sains maupun filsafat. Ide adalah pemikiran atau konsepsi yang berpotensi atau benar–benar ada dalam pikiran sebagai produk dari aktifitas mental.

  1. Sasaran

Tentukan sasaran dari video yang kita buat. Apakah yang ingin menonton video kita adalah kalangan pelajar SMK atau SMA? Anak-anak? Ataukah masyarakat umum?

  1. Tujuan

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan kita membuat video.

  1. Pokok Materi

Video yang kita buat memiliki pokok materi berupa pesan yang ingin disampaikan.

  1. Sinopsis

Sinopsis adalah setiap peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang dapat disimpulkan ke dalam bentuk ringkas yang padat dan jelas.

  1. Naskah

Naskah adalah suatu teks yang berisi aturan, alur cerita di dalam suatu dialog (Penulisan sebuah naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah disepakati)..

  1. Storyboard

Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk menjadi panduan dalam proses perekaman.

  1. Pencahayaan Sederhana

hal yang penting perlu diperhatikan dalam pembuatan video adalah pencahayaan.

  1. TAHAP PRODUKSI

Produksi dimulai dari merekam video dengan script dan konsep yang sudah dirancang dari awal. Kemudian proses rekaman baik Visual maupun audio dilakukan, dan seluruh elemen bekerjasama dalam proses produksi. Pada proses produksi kita harus menyiapkan:

– Komputer (personal computer)/laptop

– Alat pengambil gambar (camera), handphone atau webcam

– Screen video

– Microphone

3.TAHAP PASCAPRODUKSI

Pada tahap pasca produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk diolah. Analoginya, ialah seorang koki yang membawa semua bahan masakan dan bumbu ke dapur, untuk diolah sesuai resep yang telah ada. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dalam tahapan editing video.

  1. Fungsi Editing Video

Editing video merupakan proses menggerakan dan menata video shoot atau hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat. Secara umum pekerjaan editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti, colourcorrection, soundmixing, dan capture video.

Pilihan sebuah perusahaan yang berkualitas, profesional, dan berpengalaman. Agar semua keinginan serta harapan dapat terwujud dengan bantuan dari jasa tersebut.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video SafetyInduction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                   : [email protected]

Website                                              : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                 : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

 

Category: Blog