Manajemen Media Sosial

Apa Itu Manajemen Media Sosial untuk Bisnis??

 

By :

Kamaliyatul Usmaniyah

 

Manajemen Media Sosial–  Merupakan sebuah proses menciptakan, menerbitkan, mempromosikan, serta mengelola konten di semua saluran media sosial digital marketing yang mencakup semua aspek. 

Readers pasti mengenal beberapa platform media sosial seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, dll. Pembuatan akun media sosial dengan membuat konten/iklan dan mampu mempresentasikan barang semenarik+sekreatif mungkin, agar pengunjung/calon pembeli merasa tertarik dan senang melihat iklan yang readers buat. Berikut ini 7 hal penting yang dilakukan dalam manajemen media sosial:

Memilih Platform Sosial Manajemen yang Tepat

Penggunaan akun media sosial yang terus update ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri. Namun sayangnya banyak readers yang masih belum menyadari pentingnya manajemen media sosial. Pengelolaan akun media sosial memang berbeda dengan cara marketing pada umumnya sehingga harus benar-benar dipahami.

  • Facebook, memiliki kurang lebih 2,7 miliar pengguna aktif dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Karena itu Facebook menjadi salah satu media sosial yang bisa menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.

 

  • Instagram, memiliki 170 juta pengguna aktif di Indonesia bisa main 3 jam sehari. Sebagian besar pengguna Instagram rentang usia yang lebih muda antara berumur 13-21, pengguna wanita lebih banyak daripada pria. Data tersebut bisa menjadi acuan membangun bisnis serta menjual produk/layanan yang berkaitan dengan fashion, lifestyle, seni, dll.

 

  • Youtube, platform penyedia video terbesar di dunia penggunanya 93,8% dari total keseluruhan populasi 181,9 juta pengguna internet berusia 16-54 tahun. Jika viewers banyak maka readers bisa memonetisasi (mengubah apapun menjadi alat pembayaran yang sah) video readers dan bisa menghasilkan uang tambahan untuk bisnis readers

 

  • Pinterest, kurang lebih 400 juta pengguna aktif bulanan. Platform yang menyediakan banyak sekali konten berupa foto/gif. Jika bisnis readers bergerak di bidang seni, fotografi, video, kerajinan, ataupun fashion, pinterest jadi media yang efektif untuk bisnis readers. Banyak orang mengunjungi pinterest untuk mencari inspirasi dan ide baru di Pinterest.

 

  • TikTok, kurang lebih pengguna mencapai 30,7 juta di Indonesia. Kebanyakan penggunanya adalah para milenial dan remaja. Produk seperti fashion dan kecantikan bisa jadi bisnis yang tepat untuk mulai merambah ke platform ini. 

Selain kelima itu ada banyak platform yang masih bisa digunakan. Setelah readers memutuskan media sosial mana yang tepat. Jika perlu buat perencanaan dulu agar praktiknya bisa lebih rapi.

 

Merancang dan Membuat Jadwal Media Sosial

Jika membahas tentang manajemen media sosial yang terpenting adalah konsistensi. maka dari itu, readers perlu menyusun rencana yang tepat untuk sosial media bisnis readers. Jangan sampai readers hanya semangat memposting/membagikan konten yang relevan kepada calon pembeli readers di awal saja namun setelahnya tidak sama sekali. hal itu malah kurang bagus untuk bisnis readers. Jika readers bertujuan agar calon pembeli readers tetap interaksi dengan bisnis readers, maka yang harus readers lakukan adalah konsisten.

Manfaat dari membuat jadwal adalah agar readers tidak kerepotan apa yang akan readers posting dan media mana yang digunakan. Serta Kapan readers akan memostingnya lagi, jikalau ada batas waktu seusai diposting.

Pahami Isi Konten yang akan Readers Posting

Readers juga perlu tahu isi konten yang tepat untuk setiap media sosial yang readers kelola. Setiap media sosial tentunya memiliki format dan gaya postingan yang berbeda. 

Selain itu, tipikal dari tiap calon pembeli media sosial readers berbeda-beda. Maka dari itu itu readers perlu memahami dan menggali lebih dalam terkait tipikal calon pembeli di masing-masing sosial media bisnis readers. Readers juga perlu mengetahui topik/bahasan yang disukai di masing-masing media sosial bisnis readers.

 

Selalu Up-to-Date Terkait Trend tentang Bisnis Readers dan Aktif dalam Diskusi/Saat Berinteraksi

Dalam hal mengelola sosial media bisnis tentunya readers perlu memahami dan melakukan observasi terhadap trend yang ada di masyarakat terkait bidang bisnis readers. Selain itu juga harus peka terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh calon pembeli readers. Termasuk juga dalam hal komplain pelanggan. 

Membangun hubungan dengan influencer (selebritis, blogger, youtuber, ataupun public figure yang punya banyak pengikut) Influencer tidak harus satu orang, bisa juga komunitas. Readers bisa menggandeng komunitas yang mempunyai basis pengikut yang kuat dengan begitu readers akan lebih mudah mendapatkan prospek pelanggan.

Menanggapi setiap komentar penggemar/calon pembeli di setiap platform media sosial readers adalah salah satu bagian penting dari sosial media manajemen. Ketika calon pembeli mengomentari sebuah postingan di salah satu media social readers entah itu terkait pertanyaan/masalah, ini menjadi peluang tersendiri untuk readers menggiring calon pembeli tersebut menjadi prospek. Dengan begitu readers juga sekaligus menunjukkan bahwa bisnis readers punya pelayanan yang sangat baik dan peduli terhadap penggemar maupun calon pembelinya. 

Membuat Kampanye Iklan Media Sosial

Membuat dan menerapkan iklan di media sosial adalah Salah satu syarat tingkat lanjut dalam mengelola media sosial bisnis readers.  Selain readers mengoptimasi media sosial secara organik dengan menggunakan iklan membantu meningkatkan jangkauan yang lebih luas dan spesifik serta meningkatkan visibilitas sosial media bisnis readers tentunya. Jika bisnis readers masih belum cukup berkembang dan dana/keuangan readers masih belum cukup menyewa iklan ada beberapa website/situs iklan gratis.

Mengadakan Kontes Berhadiah/Giveaway

Salah satu cara efektif meningkatkan pengikut readers di media sosial yang terjadi saat ini dan sudah terbukti adalah fenomena giveaway di kalangan para youtuber gaming. Mereka mengiming-imingi hadiah dengan syarat mensubscribe, like, comment, dll.

Yang harus readers lakukan hanya membuat peraturan dan pedoman tentang giveaway tersebut. Mulai dari cara mengikuti giveawaynya, pilih pemenang, dan mengirimkan hadiah yang sudah dijanjikan.

Analisis Kinerja Sosial Media

Manajemen media sosial sebagai bagian dari strategi bisnis digital marketing readers tentunya perlu mengetahui sejauh mana kinerja dari sosial media bisnis readers. Apakah konten yang readers bagikan sudah efektif dan sesuai dengan kebutuhan calon pembeli readers. Mengetahui bagaimana menentukan ROI sosial media readers (imbal balik atas semua waktu, uang, dan tenaga yang sudah readers lakukan saat menjalankan bisnis). Dan juga menyiapkan dan mengelola waktu, tenaga, dan biaya digital marketing readers kembali untuk bisnis sosial media readers yang selanjutnya. 

 

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email : [email protected]

Website : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw

Category: Blog, Business